mengenal dioda bag1 | komponen elektronik

February172013

assalamualaikum wrwb

hey kawan kawan semua how are you? Moga baik baik saja lah yasmile oke deh kali ini aku akan melanjutkan pelajaran elektronik yaitu dioda/diode yups langsung saja lah

Diode adalah komponen aktif dua kutub yang pada umumnya bersifat semikonduktor, yang memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah (kondisi panjar maju) dan menghambat arus dari arah sebaliknya (kondisi panjar mundur).

Diode dapat disamakan sebagai fungsi katup di dalam bidang elektronika. Diode sebenarnya tidak menunjukkan karakteristik kesearahan yang sempurna, melainkan mempunyai karakteristik hubungan arus dan tegangan kompleks yang tidak linier dan seringkali tergantung pada teknologi atau material yang digunakan serta parameter penggunaan.

Beberapa jenis diode juga mempunyai fungsi yang tidak ditujukan untuk penggunaan penyearahan.

Berikut adalah jenis2 dioda dan fungsinya :

dioda zener
Dioda Zener adalah diode yang memiliki karakteristik menyalurkan arus listrik mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas "tegangan tembus" (breakdown voltage) atau "tegangan Zener" dioda ini berlainan dari dioda biasa yang hanya menyalurkan arus listrik ke satu arah. Dioda yang biasa tidak akan mengalirkan arus listrik untuk mengalir secara berlawanan jika dicatu-balik (reverse-biased) di bawah tegangan rusaknya. Jika melampaui batas tegangan operasional, diode biasa akan menjadi rusak karena kelebihan arus listrik yang menyebabkan panas. Namun proses ini adalah reversibel jika dilakukan dalam batas kemampuan. Dalam kasus pencatuan-maju, diode ini akan memberikan tegangan jatuh (drop voltage) sekitar 0.6 Volt yang biasa untuk diode silikon. Tegangan jatuh ini tergantung dari jenis diode yang dipakai. Sebuah diode Zener memiliki sifat yang hampir sama dengan diode biasa, kecuali bahwa alat ini sengaja dibuat dengan tegangan tembus yang jauh dikurangi, disebut tegangan Zener. Sebuah diode Zener memiliki p-n junction yang memiliki doping berat, yang memungkinkan elektron untuk tembus (tunnel) dari pita valensi material tipe-p ke dalam pita konduksi material tipe-n. Sebuah diode Zener yang dicatu- balik akan menunjukan perilaku tegangan tembus yang terkontrol dan akan melewatkan arus listrik untuk menjaga tegangan jatuh supaya tetap pada tegangan Zener. Sebagai contoh, sebuah diode Zener 3.2 Volt akan menunjukan tegangan jatuh pada 3.2 Volt jika diberi catu-balik. Namun, karena arusnya terbatasi, sehingga diode Zener biasanya digunakan untuk membangkitkan tegangan referensi, untuk menstabilisasi tegangan aplikasi - aplikasi arus kecil, untuk melewatkan arus besar diperlukan rangkaian pendukung IC atau beberapa transistor sebagai output. Tegangan tembusnya dapat dikontrol secara tepat dalam proses doping. Toleransi dalam 0.05% bisa dicapai walaupun toleransi yang paling biasa adalah 5% dan 10%.
DIODA EMISI CAHAYA ( LIGHT EMITTING DIODE )
Dioda emisi cahaya atau dikenal dengan singkatan LED merupakan Solid State Lamp yang merupakan piranti elektronik gabungan antara elektronik dengan optik, sehingga dikategorikan pada keluarga "Optoelectronic". Sedangkan elektroda - elektrodanya sama seperti dioda lainnya, yaitu anoda (+) dan Katoda (-). Ada tiga kategori umum penggunaan LED, yaitu :
  • Sebagai lampu indikator.
  • Untuk transmisi sinyal cahaya yang dimodulasikan dalam suatu jarak tertentu.
  • Sebagai penggandeng rangkaian elektronik yang terisolir secara total.
DIODA CAHAYA (PHOTO-DIODE)
Secara umum dioda-cahaya ini mirip dengan PN- Junction, perbedaannya terletak pada persambungan yang diberi celah agar cahaya dapat masuk padanya. Dioda cahaya ini bekerja pada daerah reverse, jadi hanya arus bocor saja yang melewatinya. Dalam keadaan gelap, arus yang mengalir sekitar 10 A untuk dioda cahaya dengan bahan dasar germanium dan 1A untuk bahan silikon. Kuat cahaya dan temperature keliling dapat menaikkan arus bocor tersebut karena dapat mengubah nilai resistansinya dimana semakin kuat cahaya yang menyinari semakin kecil nilai resistansi dioda cahaya tersebut. Penggunaan dioda cahaya diantaranya adalah sebagai sensor dalam pembacaan pita data berlubang (Punch Tape), dimana pita berlubang tersebut terletak diantara sumber cahaya dan dioda cahaya. Jika setiap lubang pita itu melewati antara tadi, maka cahaya yang memasuki lubang tersebut akan diterima oleh dioda cahaya dan diubah dalam bentuk signal listrik. Sedangkan penggunaan lainnya adalah dalam alat pengukur kuat cahaya (Lux-Meter), dimana dalam keadaan gelap resistansi dioda cahaya ini tinggi sedangkan jika disinari cahaya akan berubah rendah. Selain itu banyak juga dioda cahaya ini digunakan sebagai sensor sistem pengaman (security) misal dalam penggunaan alarm.
DIODA LASER
Dioda laser adalah sejenis laser di mana media aktifnya sebuah semikonduktor persimpangan p-n yang mirip dengan yang terdapat pada dioda pemancar cahaya. Dioda laser kadang juga disingkat LD atau ILD. Prinsip kerja dioda ini sama seperti dioda lainnya yaitu melalui sirkuit dari rangkaian elektronika, yang terdiri dari jenis p dan n. Pada kedua jenis ini sering dihasilkan 2 tegangan, yaitu : Biased forward, arus dihasilkan searah dengan nilai 0,707 utk pembagian v puncak, bentuk gelombang di atas ( + ). Backforward biased, ini merupakan tegangan berbalik yang dapat merusak suatu komponen elektronika.
bersambung

oke kawansmile sekian dulu nanti di lanjutkan lagi semoga bermanfaat, maaf bila ada kesalahan, thank you so much for your visit and participationkiss

wassalamualaikum wrwb

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

13 tanggapan untuk "mengenal dioda bag1 | komponen elektronik"

Dani pada 04:13 PM, 17-Feb-13

Melompat dari blog- ke blog....hai sobat,,, sampai jumpa!!...wushh up-arrow

arrow http://www.hacker.p.ht/download-ebook-dasar-dasar-html.xhtml

Dani pada 04:25 PM, 17-Feb-13

Nyimak sob.... Cuma hadir. mau jalan2 ke rumah tetangga cheesy-grin

arrow http://www.hacker.p.ht/download-ebook-dasar-dasar-html.xhtml

ricko heri saputra pada 04:25 PM, 17-Feb-13

hufft mwb postingan di mwb muat brapa karakter si? sad cry evil

Rapik Mobile Blog pada 04:35 PM, 17-Feb-13

wkwkwkwkwk biggrin dioda sebagai kutub ya ? Kyk magnet dong

ricko heri saputra pada 04:48 PM, 17-Feb-13

@Rapik Mobile Blog, kutub yg di maksud adalah positif dan negatif bro

Blog Seadanya pada 06:35 PM, 17-Feb-13

Kalo make pc muat banyak sob, ane pernah nulis 10000 karakter.

Thanks pengetahuan tntang diodanya sob,., xixixi

Adhe juwarno pada 07:37 PM, 17-Feb-13

diodaquestion kdengaran'y asing

thanks s0b ijin save bwt nmbh ilmu.. biggrin

Eko Prasetyo pada 08:27 PM, 17-Feb-13

Sangat detail banget sob infonya, ane baru tau klo lmpu" yg ane mainin ternyata dioda juga., thanks infonya sob, di tunggu kelanjutannya smile

xBVDx Monstrologist pada 09:11 PM, 17-Feb-13

dioda sbg pnyearah hehe
Cuma itu yg saya tau biggrin

Asep Ahya Al'ansori pada 09:49 PM, 17-Feb-13

komponen penyalur listrik di alat elekronik termasuk komputer

ricko heri saputra pada 10:08 PM, 17-Feb-13

@Blog Seadanya, gk punya pc sobsad

@Adhe juwarno, silahkan brosmile

@Eko Prasetyo, urwell, ditunggu aja ya

@xBVDx Monstrologist, mungkin disini ente bisa lebih tau hehesmile

@Asep Ahya Al'ansori, bukan cuma penyalur tapi juga penyearahmrgreen

@all, thanks for your visit kiss

Dg Sudirman Suwedi pada 10:59 PM, 17-Feb-13

4 dioda 1 trafo siap for charge. Mantap gan

ricko heri saputra pada 11:17 PM, 17-Feb-13

@Dg Sudirman Suwedi, harus pake elko gan biar murni hehesmile thanks for your visit and comment

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas